TRAINING DAN WORKSHOP NASIONAL JURNALISTIK ONLINE DALAM BIDANG PANGAN, GIZI DAN KESEHATAN  BAGI GENERASI MUDA

Online Journalism disebut juga jurnalistik internet, jurnalistik web, dan jurnalisme daring (dalam jaringan) merupakan generasi baru jurnalistik setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik cetak, seperti surat kabar) dan jurnalistik penyiaran (broadcast journalism radio dan televisi). Jurnalistik online adalah aktivitas jurnalistik atau penyebarluasan informasi yang memanfaatkan internet sebagai medianya sehingga dapat diakses secara global ke seluruh dunia. Jurnalistik online merupakan metode baru penyajian informasi dan fakta dengan menggunakan bantuan atau perantara teknologi internet. Salah satu contoh perwujudan jurnalisme online adalah website, baik website pribadi maupun lembaga seperti komunitas, organisasi dan perusahaan terutama media online. Contoh media online populer di Indonesia antara lain detik.com, tribunnews.com, kapanlagi.com, kaskus.co.id, liputan6.com, kompas.com, merdeka.com, okezone.com, duniafitness.com, net.co.id, malesbanget.com, hipwee.com, tempo.co.

Penguasaan ilmu dan keterampilan jurnalistik online merupakan modal dasar bagi SDM di berbagai lembaga (komunitas, organisasi, instansi dan perusahaan), untuk mampu memperbaharui website-nya secara berkala, mengembangkan bisnis online dan menyampaikan pesan dan tips seiring dengan dinamika dunia jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat. Setiap kegiatan dapat diposting dan tersebar luas sehingga akan mampu menunjukkan reputasi dan meningkatkan citra.

Dunia pangan, gizi dan kesehatan perlu menerapkan jurnalistik online sebagai sarana untuk menyebarluaskan pesan-pesan pangan, gizi dan kesehatan yang sangat dibutuhkan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Penyebaran pesan-pesan ini merupakan implementasi tindakan promotif dan preventif untuk generasi sehat berprestasi yang sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia. Oleh karena itu PERGIZI PANGAN Indonesia menganggap penting bagi generasi muda, untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan jurnalistik online di bidang life style terutama pangan, gizi dan kesehatan.

 

DOWNLOAD MATERI PELATIHAN DAN WORKSHOP JURNALISTIK ONLINE

Hari 1

Arif Satria – Menulis Populer

Andang S – Teknik Wawancara

Andang S – Dasar-Dasar Jurnalistik

Hari 2

Hari 3

Revisi Artikel Peserta

Leave a Comment