SEJARAH

Menyadari bahwa masalah gizi dan pangan bersifat kompleks dari hulu kehilir yang memerlukan usaha pemecahan bersama secara holistik oleh berbagai disiplin dan lintas sektor, serta dididorong oleh keinginan membantu pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengatasi masalah gizi dan pangan di Indonesia, maka para pakar atau cendekiawan dari berbagai disiplin terkait gizi dan pangan menyatukan diri ke dalam suatu perhimpunan disebut PERGIZI PANGAN Indonesia (FOOD AND NUTRITION SOCIETY OF INDONESIA).

PERGIZI PANGAN Indonesia dibentuk di Bogor pada tanggal 19 Agustus 1973 untuk waktu yang tidak terbatas dan berkedudukan di Bogor. Pada saat deklarasi pendiriannya, pakar dan cendekiawan yang terlibat terdiri atas para ahli gizi, dokter, ahli teknologi pangan, sosiolog, dan ekonom yang peduli pada pengembangan ilmu gizi dan pangan serta aplikasinya secara holistik dalam mengatasi permasalahan gizi dan pangan masyarakat Indonesia. Pada mulanya PERGIZI PANGAN Indonesia adalah singkatan dari Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan Indonesia; kemudian pada Kongres PERGIZI PANGAN Indonesia bulan Juni tahun 2013 disempurnakan menjadi Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dengan menggunakan seingkatan yang sama yaitu PERGIZI PANGAN Indonesia.

Sejak tahun 1974, PERGIZI PANGAN Indonesia mewakili organisasi Gizi dan Pangan Indonesia diterima sebagai anggota Adhering Bodies di International Union of Nutritional Sciences(IUNS), sekaligus juga sebagai anggota Federation of Asian Nutrition Societies (FANS). Pada tahun 2013 PERGIZI PANGAN Indonesia turut mendirikan, menjadi pengurus dan anggota South East Asia Public Health Nutrition Network (SEA-PHN Network) .

Sejarah Kepemimpinan dalam PERGIZI PANGAN Indonesia sejak awal pendirian sampai sekarang adalah sebagai berikut:

  • Periode I, Ketua Umum: Prof. Dr. Sajogyo; Sekjen: Dr. FG. Winarno, MSc
  • Periode II, Ketua Umum: Prof. Dr. Sajogyo; Sekjen: Dr. FG. Winarno, MSc
  • Periode III, Ketua Umum: Prof. Dr. dr. Darwin Karyadi, MS; Sekjen: Dr. Djoko Susanto, MSc
  • Periode IV, Ketua Umum: Prof. Dr. dr. Darwin Karyadi, MS; Sekjen: Dr. Herman Sudiman, MSc
  • Periode V, Ketua Umum: Prof. Dr. dr. Darwin Karyadi, MS; Sekjen: Dr. Hidayat Syarief, MS
  • Periode VI, Ketua Umum: Prof. Dr. Hidayat Syarief, MS; Sekjen: Dr. Hardinsyah, MS
  • Periode VII, Ketua Umum: Prof. Dr. Hidayat Syarief, MS; Sekjen: dr. Dini Latief, MSc
  • Periode VIII, Ketua Umum: Prof. Dr. Hardinsyah, MS; Sekjen: Dr. Minarto, MPS
  • Periode IX (sekarang), Ketua Umum: Prof. Dr. Hardinsyah, MS; Sekjen: Prof. Dr. Made Astawan, MSc

 

TUJUAN

Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia) memiliki visi mewujudkan kerjasama profesional dan komunikasi yang baik dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS pangan dan gizi, serta membantu pemerintah, swasta dan masyarakat dalam perbaikan pangan dan gizi masyarakat.

 

PROGRAM KERJA

 

Program Kerja Bidang Kesekretariatan

Tujuan umum program kerja bidang kesekretariatan adalah meningkatkan promosi dan kualitas kinerja organisasi dalam rangka mensukseskan tujuan umum program.

Rencana kerja bidang kesekretariatan antara lain adalah :

  1. Pelayanan administrasi kesekretariatan, informasi bagi anggota,formulir keanggotaan, dan penyususnan database anggota.
  2. Perencanaan, pengelolaan dan pelaporan pertemuan organisasi
  3. Bekerjasama dengan bidang komunikasi dan publikasi menerbitkan Jurnal Gizi dan Pangan.
  4. Bekerjasama dengan media massa untuk meningkatkan promosi PERGIZI PANGAN Indonesia.

 

Program Kerja Bidang Temu Ilmiah dan Pengembangan Organisasi

Tujuan umum program kerja bidang Temu Ilmiah dan pengembangan organisasi adalah meningkatkan upaya pengembangan dan diseminasi Ipteks terkini baik bagi anggota maupun bagi masyarakat; serta pengembangan organisasi.

Program kerja bidang Temu Ilmiah dan Pengembangan organisasi adalah :

  1. Bekerjasama dengan bidang kesekretariatan membuat dan menyebarluaskan formulir keanggotaan, serta menyusun database anggota.
  2. Pembinaan anggota tentang hak dan kewajiban anggota.
  3. Konsolidasi DPD melalui kegiatan inventarisasi, komunikasi dan pembinaan DPD.
  4. Pembentukan DPD baru melalui kegiatan inventarisasi, komunikasi dan pemberian motivasi di daerah serta pendekatan terhadap pemerintah daerah setempat.
  5. Bekerjasama dengan bidang kerjasama kemitraan membentuk badan hukum dalam bentuk yayasan untuk memperlancar kerjasama dengan organisasi atau badan hukum lain.

 

Program Kerja Bidang Komunikasi dan Publikasi

Tujuan umum program kerja bidang Komunikasi dan Publikasi adalah meningkatkan pelayanan komunikasi informasi di bidang pangan dan gizi bagi anggota, pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka mensukseskan tujuan umum program.

Program kerja bidang Komunikasi dan Publikasi antara lain adalah :

  1. Menerbitkan secara berkala Jurnal Gizi dan Pangan.
  2. Memelihara dan meningkatkan mutu dan kuantitas informasi dalam website PERGIZI PANGAN Indonesia
  3. Merintis dan membangun komunikasi yang baik dengan media masa cetak dan elektronik dalam rangka mendesiminasikan Iptek dan informasi gizi dan pangan mutakhir kepada stakholder dan masyarakat.
  4. Mengkaji dan meringkas berbagai informasi mutakhir dari hasil penelitian maupun pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri serta menyebarluaskan hasilnya kepada anggota dan masyarakat.

 

Program Kerja Bidang Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Tujuan umum program kerja bidang Pengembangan Teknologi dan Inovasi adalah mengkaji dan melakukan review kekuatan dan kelemahan teknologi yang ada dan memberikan masukan pengembangnnya.

Program kerja bidang Pengembangan Teknologi dan Inovasi antara lain adalah :

  1. Melakukan review kekuatan dan kelemahan terhadap teknologi yang diisukan bermasalah serta merumuskan saran pengembangannya
  2. Memberikan rekomendasi arah dan ruang lingkup penelitian unggulan di bidang pangan dan gizi kepada lembaga atau pihak terkait.
  3. Menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan organisasi profesi, litbang dan perguruan tinggi untuk melakukan penelitian-penelitian sesuai dengan tema unggulan.
  4. Menyelenggarakan berbagai pertemuan ilmiah dan mengirim wakil dalam pertemuan ilmiah yang diselenggarakan pihak lain baik di dalam maupun luar negeri.

 

Program Kerja Bidang Kajian Kebijakan dan dan Program

Tujuan umum program kerja bidang Kajian Kebijakan dan Program adalah mengkaji dan melakukan review kekuatan dan kelemahan kebijakan dan program pangan dan gizi serta dan merumuskan masukan penyempurnaannya.

Program kerja bidang Kajian Kebijakan dan Program antara lain adalah :

  1. Memberikan rekomendasi arah dan ruang lingkup penelitian unggulan di bidang pangan dan gizi kepada lembaga atau pihak terkait.
  2. Menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan organisasi profesi lain untuk melakukan penelitian-penelitian sesuai dengan tema unggulan.
  3. Menyelenggarakan berbagai pertemuan ilmiah dan mengirim wakil dalam pertemuan ilmiah yang diselenggarakan pihak lain baik di dalam maupun luar negeri.

 

Program Kerja Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pelayanan

Tujuan umum program kerja bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pelayanan adalah meningkatkan kapasitas ketenagaan dan kelembagaan gizi dan pangan di Indonesia.

Program kerja bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pelayanan antara lain adalah :

  1. Mengidentifikasi dan mengkaji jenis-jenis pendidikan, pelatihan dan pelayanan gizi dan pangan yang prioritas dibutuhkan stakeholder gizi dan pangan Indonesia
  2. Merumuskan kometensi dan materi pendidikan dan latihan pangan dan gizi tingkat nasional, dan daerah.
  3. Menyempurnakan dan menerbitkan materi gizi dan pangan pada pendidikan formal maupun non formal.
  4. Menyelenggarakan jasa pelayanan gizi dan pangan bagi stakeholder.

 

Program Kerja Bidang Kerjasama Kemitraan

Tujuan umum program kerja bidang Kerjasama Kemitraan adalah meningkatkan kerjasama dengan pemerintah, swasta, organisasi profesi, dan masyarakat dalam menangani masalah gizi dan pangan.

.Program kerja bidang Kerjasama Kemitraan antara lain adalah :

  1. Inventarisasi berbagai kegiatan pemerintah, swasta dan organisasi profesi lain dan mengkaji keterkaitannya dengan program kerja PERGIZI PANGAN Indonesia.
  2. Membangun kerjasama kemitraan dalam rangka sharing sumberdaay dan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dalam rangka kesuksesan program-program PERGIZI PANGAN Indonesia
  3. Menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta, organisasi profesi, organisasi terkait lain dan masyarakat dalam berbagai kegiatan PERGIZI PANGAN Indonesia baik untuk temu ilmiah, publikasi, kajian maupun untuk kegiatan perbaikan gizi dan pangan masyarakat.

 

Sekretariat PERGIZI PANGAN Indonesia:

  • Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), IPB, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680. Telepon (0251) 8628304/8621258, fax (0251) 8628304/8622276. Email: dpp.pergizi@gmail.com; Laman Internet: www.pergizi.org; Twitter: @PERGIZI