Prof. Dr. Sajogyo dilahirkan di Karanganyar, Jawa Tengah, tanggal 21 Mei 1926. Beliau mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Pertanian UI tahun 1950 yang sekarang menjadi Institut Pertanian Bogor. Kemudian melanjutkan pendidikan post doctoral di University of Chicago, AS.

Kontribusi besar beliau diantaranya adalah dalam bidang sosiologi pedesaan, kemiskinan dan pendekatan pendidikan dalam perbaikan gizi masyarakat. Selain itu juga dalam pengembangan program UPGK, SIDI dan SKPG, pengembangan ukuran kemiskinan dan mutu hidup. Dalam karier kepemimpinannya, pernah memimpin IPB (rektor keempat) dan kepala pusat studi pembangunan pedesaan.

 

Pada tahun 2011 beliau meraih Habibie Award 2011 untuk kategori ilmu sosial dan 18 Januari 2012 lalu, beliau dianugerahi Bakti PERGIZI Award atas jasanya yang telah memimpin PERGIZI PANGAN Indonesia sejak tahun 1979 sampai tahun 1987.



“Pimpinan PERGIZI PANGAN Indonesia turut berduka cita atas berpulangnya  Prof. Dr. Sajogyo,  Ketua Umum Pertama PERGIZI PANGAN Indonesia, Jumat 17 Maret 2012  sekitar pukul 05.30  di Bogor, teriring doa semoga amal baik dan pengabdiannya bagi PERGIZI PANGAN Indonesia, masyarakat dan bangsa diterima Tuhan Yang Maha Esa, amien.”

 

Leave a Reply