Makanan Saja Tidak Cukup Mewujudkan Gizi Baik


Saat ini 32% remaja dan dewasa Indonesia mengalami obesitas atau kelebihan lemak, yang berisiko meningkatkan berbagai penyakit seperti diabetes, jantung koroner, stroke, radang sendi, osteoporosis dan kanker. Berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI, semua penyakit ini sekarang sebagai penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Bagaimana kita bisa menjadi bangsa yang kuat bila masyarakat banyak yang tidak sehat.

Mencegah obesitas dan wujudkan gizi baik dan hidup sehat tak cukup hanya dengan mengatur makanan saja seperti pesan slogan gizi masa lalu “Empat Sehat Lima Sempurna”, tetapi juga perlu pengaturan minum yg baik, olahraga atau aktifitas fisik yang teratur dan terukur, serta menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan.

Sementara juga berdasarkan data Kementrian Kesehatan bahwa hanya 53% penduduk Indonesia yang melakukan aktifitas fisik/olahraga dan sebagian besar kategori ringan. Artinya masih banyak penduduk Indonesia yang belum aktifitas fisik/olahraga yang memadai untuk mencegah obesitas.

Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia pada sambutan pembukaan kegiatan Jalan dan Lari Ceria dan Sehat (“Nutrition Fun Jogging and Running” NFJR2016) yang diselenggarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia minggu pagi 30 Oktober 2016 di Kampus IPB Baranangsiang.

Biasanya PERGIZI PANGAN Indonesia lebih sering menyelenggarakan pertemuan ilmiah gizi dan edukasi gizi. Kali ini NFJR dipilih sesuai tren hidup sehat dan tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini yaitu “Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat”. Selain itu juga untuk mempromosikan bahwa gizi seimbang itu bukan hanya tentang makanan tetapi juga tentang minuman, kebersihan dan aktifitas fisik sesuai Permenkes nomor 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Menurut Ketua Panitia NFJR2016, Angga Rizqiawan S.Gz, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan gizi seimbang dan pentingnya olahraga yang dapat dilakukan dengan cara sederhana. Acara diikuti oleh 2200 peserta dari Jawa Barat, Jakarta dan Banten serta melibatkan 150 panitia. Jalan sehat menempuh jarak sepanjang 3.75 Km dan peserta running menempuh jarak 10 km. Selain jogging dan running, NFJR ini juga menyediakan kegiatan sarapan bersama, aerobik, parade, pameran, permainan gizi ceria disertai pesan gizi baik lisan maupun tertulis. Juga ada kegiatan cek status lemak, otot, mineral dan air tubuh; cek tekanan darah, gula darah dan kokesterol tubuh disertai konsultasi gizi dan kesehatan.

Acara ini diselenggarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerjasama dengan Departemen Gizi FEMA IPB, Asosiasi Nutrisionis Kebugaran dan Olahraga Indonesia (ANOKI), Lini Sehat, Forum Gizi dan Kesehatan Indonesia (ForGizi), Gizi Kebugaran, Pemda Kota Bogor, dan PERSAGI Bogor.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang mendukung penyelenggaraan kegiatan ini:

Sarihusada

Danone

Frsian Flag Indonesia

Indofood

Buburia


Enervon C

Danone Aqua

Mandiri

Energen

Leave a Comment