Indonesian Young Food and Nutrition Leadership (DoYouLead) Training and Workshop

Generasi kedua (Gen-2)

TEMA

Resiliensi Pemuda gizi, pangan dan kesehatan di era revolusi industri 4.0

 

LATAR BELAKANG

Selama sepuluh tahun terakhir jumlah Lulusan Gizi semakin meningkat dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Demikian pula dengan pendidikan lulusan di bidang teknologi pangan dan bidang Kesehatan lainnya. Pada umumnya mereka bekerja di lembaga pemerintah pusat dan daerah serta lembaga pengembangan IPTEKS (pendidikan tinggi dan litbang) yang berkaitan dengan misi pangan, gizi dan kesehatan, industri pangan, industri jasa makanan (restoran), Lembaga Kesehatan Pemerintah atau Swasta, LSM dan ber-wirausaha.

Lulusan gizi memiliki penguasaan IPTEKS dan dasar pengembangan keilmuan, kebijakan dan program yang lebih kuat, serta mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadi pimpinan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebagai pengembang inovasi yang akan mempunyai daya ungkit dalam berbagai dimensi kehidupan dan pembangunan bangsa.

Pada beberapa diskusi nasional terkini muncul isu terbaru “Kenapa laju penurunan masalah gizi masih lamban dan masalah pangan semakin meningkat, sementara pendidikan tinggi, politisi, pakar dan sarjana di bidang ini semakin banyak?”  Masalahnya sangat kompleks mulai dari soal politik dan konflik kebijakan sampai soal angaran, lahan, kemiskinan dan ketidakberdayaan. Namun dalam berbagai diskusi dan tulisan juga disebutkan bahwa salah satu solusi perbaikannya terletak pada pemimpin (leaders) dan kepemimpinannya (leadership).

Teori leadership modern menunjukkan bahwa leaders dapat dibentuk. Leadership is earned not given, leadership is about performance not position, and leadership is a profession not a calling. Ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk membentuk leadership, yaitu 1) preparation, 2) practice, dan 3) persistence, seperti dibahas dalam buku Leadership Rules (2011) dan buku How To Lead (2011). Sementara dalam kurikulum pendidikan sarjana di bidang gizi dan teknologi pangan tidak ada pembelajaran leadership secara terstruktur. Leadership oleh segelintir aktivis mahasiswa dipelajari secara informal.

Berdasarkan pertimbangan tersebut PERGIZI PANGAN Indonesia, sebagai wadah perhimpunan para Pakar  Gizi dan Pangan Indonesia tergerak bersama Alumni Indonesia Young Food and Nutrition Leadership (DoYouLead) Generasi Pertama (Gen-1), Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Gizi Indonesia (ILMAGI), Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Diploma Gizi (IKAMAGI) menyelenggarakan pengkaderan nasional kepemimpinan generasi muda gizi, pangan dan kesehatan; dengan harapan agar keberadaan generasi muda gizi dan pangan yang berkualitas secara akademik dan leadership dapat mempunyai daya ungkit yang lebih besar dalam pembangunan gizi, pangan dan kesehatan nasional di masa mendatang.

 

TUJUAN

Tiga tujuan utama training dan workshop ini adalah:

  1. Meningkatkan silaturahmi dan transfer pengalaman dan keteladanan karakter dari pimpinan lembaga pemerintah, pimpinan perusahaan, NGOs dan pakar senior di bidang gizi dan pangan kepada generasi muda gizi, pangan dan kesehatan yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan;
  2. Meningkatkan jumlah dan kapasitas leadership generasi muda gizi, pangan dan kesehatan yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan dalam pembangunan gizi dan pangan di Indonesia;
  3. Memfasilitasi terbentuknya jejaring (networking) antar generasi muda gizi, pangan dan kesehatan yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan dalam visi yang sama sebagai dasar untuk membangun komitmen bersama untuk turut berkontribusi dalam pembangunan gizi dan pangan di Indonesia.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

  1. Terjadi silaturahmi dan transfer pengalaman dan keteladanan karakter dari pimpinan lembaga pemerintah, pimpinan perusahaan, NGOs dan pakar senior di bidang gizi, pangan dan kesehatan kepada generasi muda gizi, pangan dan kesehatan yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan;
  2. Meningkatnya jumlah sarjana di bidang gizi, pangan dan kesehatan yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan dalam pembangunan gizi, pangan dan kesehatan di Indonesia;
  3. Terbentuknya jejaring (networking) antar sarjana di bidang gizi, pangan dan kesehatan dalam visi yang sama sebagai dasar untuk membangun komitmen bersama untuk turut berkontribusi dalam pembangunan gizi, pangan dan kesehatan di Indonesia;
  4. Generasi (angkatan) kedua pelatihan ini diharapkan setiap dua tahun dapat membantu atau memfasilitasi penyelenggaraan training dan workshop serupa di masa datang secara berkelanjutan.

 

LINGKUP MATERI

Materi training meliputi Pleno 1-4, yang disertai dengan materi penugasan dan permainan leadership.

 

Pleno 1: Leadership dan pengembangan ilmu dan profesi gizi, pangan dan kesehatan

  1. Sejarah pengembangan ilmu gizi dan peran leadership pakar gizi (Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Ketua PERSAGI)
  2. Sejarah pengembangan ilmu pangan dan peran leadership pakar pangan (Ketua umum PATPI, Ketua GAPMMI)
  3. Leadership dan pengembangan bidang kesehatan masyarakat

 

Pleno 2: Ciri dan kemampuan Leadership (Pengalaman Leadership di Lembaga Pemerintah, LSM dan industri pangan).

  1. Pengalaman Leadership dalam Lembaga pembuat kebijakan dan perencanaan gizi dan Kesehatan
  2. Pengalaman Leadership dalam Lembaga pelaksana program ketahanan pangan
  3. Pengalaman Leadership sebagai CEO Industri Pangan
  4. Pengalaman leadership program CSR dibidang gizi
  5. Pengalaman Leadership di LSM internasional
  6. Pengalaman leadership di LSM nasional
  7. Pengalaman Leadership dalam pengembangan kewirausahaan terkait pangan, gizi dan Kesehatan
  8. Pengalaman Leadership di organisasi kemahasiswaan nasional
  9. Pengalaman Leadership di Lembaga riset
  10. Pengalaman Leadership di Lembaga Pertahanan dan Keamanan
  11. Pengalaman Leadership di bidang advokasi gizi

 

Pleno 3:  Bincang Gizi – Leadership dalam membangun dan mengelola kolaborasi (Diskusi/Workshop)

 

Pleno 4: Leadership dalam problem solving (Diskusi/Workshop)

 

Assignment (penugasan):

 

WAKTU, TEMPAT, METODE, DAN JADWAL

Training dan workshop dilakukan pada bulan November – Desember 2020, online via zoom, 3x seminggu (rabu malam jam 19.30-21.30, sabtu 9.00-12.00 dan minggu 7.00-11.00).

 

Metode kegiatan berupa ceramah, presentasi dan diskusi, studi kasus dan perumusan rencana tindak lanjut berupa visi anak bangsa dan leadership dalam perbaikan gizi dan pangan Indonesia. Jadwal kegiatan selama kegiatan terlampir pada Lampiran 1.

 

NARASUMBER DAN FASILITATOR

Narasumber pada acara ini adalah pimpinan lembaga pemerintah di bidang pangan dan kesehatan; pimpinan dari berbagai perusahaan atau industri nasional dan multi-nasional; NGO/LSM Nasional dan Internasional; Pimpinan Industri Jasa Makanan dan Jasa Klinik Gizi dan juga Profesor dan tokoh senior gizi dan pangan nasional.

Fasilitator training dan workshop adalah para aktivis muda gizi dan pangan yang berpengalaman dalam memimpin organisasi dan fasilitator dalam berbagai workshop dan training kepemimpinan dan kepemudaan.

 

PESERTA DAN PERSYARATAN PESERTA

Jumlah peserta adalah 60 orang terpilih. Peserta adalah sarjana (lebih diprioritaskan) atau mahasiswa tingkat akhir program sarjana di bidang gizi, pangan dan kesehatan dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Umur tidak lebih dari 30 tahun pada tanggal 25 November 2020, dibuktikan dengan copy KTP
  2. Peserta dari mahasiswa harus berstatus aktif, telah menempuh pendidikan tinggi di bidang pangan, gizi atau kesehatan minimal 4 semester.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dan nilai Bahasa Inggris minimal B, dibuktikan dengan copy daftar nilai
  4. Bagi mahasiswa, menyertakan referensi (rekomendasi) dari salah seorang pimpinan organisasi mahasiswa di Prodi/Jurusan. Surat referensi ini diketahui oleh Ketua Program Studi yang dibuktikan dengan tanda tangan (boleh tanda tangan scan), formulir dapat diunduh di sini: http://bit.ly/rekomdoyoulead2020
  5. Bagi lulusan yang telah bekerja, mendapatkan persetujuan oleh atasan langsung, formulir dapat diunduh di sini: http://bit.ly/rekomdoyoulead2020
  6. Bagi lulusan yang belum bekerja, menyertakan surat rekomendasi dari salah seorang dosen ketika kuliah sebelumnya untuk mengikuti kegiatan ini, formulir dapat diunduh di sini:” http://bit.ly/rekomdoyoulead2020
  7. Menunjukkan bukti transfer sebesar Rp 50.000,-. Pembayaran dilakukan melalui nomor rekening BRI Syariah a.n Anindhita Syahbi Syagata 1033689779 atau Gopay 081327705751 dengan menambahkan kode unik 002 ke 3 digit terakhir, misalnya : Rp. 50.002. Sebagai administrasi pendaftaran (calon peserta yang tidak lolos seleksi dapat mengikuti kegiatan webinar DoYouLead Gen-2 dengan status sit-in participant dan memperoleh beberapa sertifikat sesuai dengan jumlah webinar yang diikuti).
  8. Bagi peserta yang diterima, membayar biaya partisipasi sebesar Rp. 100.000,-. Pembayaran dilakukan melalui nomor rekening BRI Syariah a.n Anindhita Syahbi Syagata 1033689779 atau
    Gopay 081327705751 dengan menambahkan kode unik 002 ke 3 digit terakhir, misalnya : Rp. 100.002.
  9. Mengisi formulir pendaftaran calon Peserta DoYouLead, yang dapat diakses di link ini: http://bit.ly/doyoulead2020
  10. Menyertakan motivation letter (alasan dan tujuan mengikuti DoYouLead) menyertai registrasi kepesertaan.
  11. Membuat suatu postingan infografis atau video https://twibbon.com/Support/doyoulead yang menunjukkan motivasi dan tujuan mengikuti DoYouLead Gen-2 di akun Instagram masing-masing dengan mention @pergizi @doyoulead @linisehat.
  12. Bersedia menanggung biaya kuota/paket data masing-masing peserta yang digunakan selama kegiatan ini.

 

SELEKSI PESERTA

Sejumlah 60 peserta akan dipilih berdasarkan : 1) persyaratan administrasi, 2) motivation letter peserta, dan 3) pengalaman organisasi. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat. Peserta yang lolos mengikuti kegiatan DoYouLead akan diinformasikan di akun media sosial PERGIZI PANGAN Indonesia @pergizi (IG), @PERGIZI (Twitter), PERGIZI PANGAN Indonesia (FB), akun DoYouLead @doyoulead (IG), dan akun Linisehat @linisehat (IG). Informasi selanjutnya dapat dilihat di www.pergizi.org

 

CARA PENDAFTARAN DAN SEKRETARIAT

Pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan semua berkas persyaratan yang telah diisi dan hasil scan foto via online di bit.ly/doyoulead2020. Pendaftaran terakhir pada tanggal 25 November 2020 pukul 24.00 WIB.

 

TIMELINE

 

 

No Kegiatan Tanggal
1 Pengumuman coming soon DoYouLead Gen-2 1 November 2020
2 Pendaftaran Peserta DoYouLead Gen-2 6 – 25 November 2020
3 Seleksi Peserta Tahap 1 DoYouLead Gen-2 26 November – 3 Desember 2020
4 Pengumuman Seleksi Tahap 1 DoYouLead Gen-2 4 Desember 2020
5 Seleksi Peserta Tahap 2 melalui wawancara online 4 – 10 Desember 2020
6 Pengumuman Peserta Terpilih 11 Desember 2020
7 Pengumuman Peserta Sit-in Webinar DoYouLead Gen-2 4 – 10 Desember 2020
8 Pembukaan DoYouLead Gen-2 16 Desember 2020, pukul 15.45 WIB
9 Pelaksanaan DoYouLead Training Gen 2 16 Desember 2020 – 17 Januari 2021

 

MANFAAT BAGI PESERTA

  1. Berbagi dan menambah pengalaman
  2. Meningkatkan jejaring
  3. Sebagai salah satu investasi sosial yang belum tentu bisa diperoleh di kesempatan lain
  4. Memperoleh rekaman video webinar yang telah dirapihkan

 

PENYELENGGARA

Kegiatan ini diselengarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bersama bersama Alumni Indonesia Young Food and Nutrition Leadership (DoYouLead) Generasi Pertama (Gen-1), Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Gizi Indonesia (ILMAGI), Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Diploma Gizi (IKAMAGI) bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta.

 

Panitia Penyelenggara adalah sebagai berikut:

 

PANITIA PENGARAH

Prof. Dr. Hardinsyah, MS (Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia/IPB)

 

PANITIA PELAKSANA

Ketua :
Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si

Wakil Ketua :
Muhammad Iqbal, S.Gz, MPH
Mahmud Aditya Rifqi, SGz, MSi

Sekretaris :
-Sandy Ardiansyah, S.Tr.Gz
-Adi Iskandar (Gizi USAHID)
-Islamiati Putri

Bendahara :
-Anindhita Syahbi Syagata, S.Gz, MPH
-Tazkia (FIKES UNISA)

Kepesertaan:
-Grevi Wiziani, S.Gz (Koordinator)
-Dewi Ayu Rini Kartika (Gizi UNAIR)
-Chuzairi (IKAMAGI)
-Sony Kurniawan (Gizi Unsoed)

Acara :
-Teguh Jati Prasetyo, S.Gz, M.Si (Koordinator)
-M Nur Hasan Syah (ISAGI)
-Bagas Fatan Bakhtiar (Gizi USAHID)
-Ilham (HMPPI)
-Annisa Inas Ariyanti (Gizi Unsoed)
-Ajeng Nadine (ILMAGI)

Publikasi Dokumentasi :
-Septian Suhandono, S.Gz (Koordinator)
-Ghavin Reynara (linisehat.com)
-Agung Alhadad, S.Kom (linisehat.com)
-Fifi Khoirunnisa (Gizi USAHID)

 

SEKRETARIAT

Informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini dapat menghubungi via email : dpp.pergizi@gmail.com ; cc : hardinsyah2010@gmail.com; Call/WA :+628129192259 (Hardinsyah) or +6285716759791 (Khoirul Anwar).

 

FINAL DRAFT JADWAL ACARA DOYOULEAD GEN 2

JADWAL ACARA DOYOULEAD

Download Jadwal