Sarapan merupakan salah satu perilaku penting untuk mewujudkan gizi seimbang, tetapi kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak atau belum biasa sarapan. Salah satu momentum penting untuk mengingatkan dan mendorong masyarakat terutama anak sekolah, guru, orang tua dan civitas akademika agar menerapkan perilaku gizi seimbang dengan baik, yang salah satunya adalah membiasakan sarapan sehat. Berbagai studi menunjukkan bahwa sarapan memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi gizi, pendidikan dan keceriaan anak. Berdasarkan pertimbangan tersebut dan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Dunia (7 April 2017) dan Hari Pendidikan Nasional (2 Mei 2017), Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia kembali bekerja sama dengan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menyelenggarakan Pendidikan Sarapan Sehat kepada mahasiswa dan dosen, siswa Sekolah Dasar, Guru Sekolah Dasar dan Orangtua siswa di 7 Kota di Pulau Jawa, Indonesia mulai Mei sampai Agustus 2018, dengan tema “Sarapan Sehat dan Jajanan Aman Menuju Generasi Sehat Berprestasi”

Sejak tahun 2015, PERGIZI PANGAN Indonesia bekerjasama dengan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk telah sukses menyelenggarakan pendidikan sarapan sehat kepada sekitar 48.316 siswa sekolah dasar. Tujuan kegiatan ini adalah membangun kesadaran masyarakat khususnya siswa, guru, orang tua dan civitas akademika tentang makna, manfaat dan alternatif sarapan dan sarapan bersama di sekolah. Komik Ayo Sarapan Sehat digunakan sebagai media pendidikannya. Pentingnya cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan/sarapan dan berdoa sebelum sarapan juga diajarkan pada kegiatan ini sebagai bagian dari perilaku gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pendidikan sarapan sehat tahun 2018 telah dilakukan kepada 12.863 siswa Sekolah Dasar, 542 guru Sekolah Dasar, 607 orang tua siswa, 572 mahasiswa dan dosen sebagai instruktur dan pengawas. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan universitas mitra lokal dan melibatkan mahasiswa dan dosen Jurusan Gizi Poltekkes Tasikmalaya; Jurusan Gizi, Fakultas Kesehatan, UNESA Surabaya; Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid Jakarta; Jurusan Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Pendidikan Indonesia; Jurusan Gizi Poltekkes Cirebon; Jurusan Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman; Jurusan Gizi Politeknik Negeri Jember.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

Leave a Reply